08 February 2012

Tanya dong twips, enaknya dikasih judul apa ya?

Saya punya akun twitter, dan cukup sering mengakses. Ada salah satu akun yang menarik, orang bisa tanya apa aja tentang apapun selama di Yogyakarta. Memudahkan bukan? Tinggal menulis di jejaring sosial, kita langsung bisa dapat jawaban (kalau ada yang menjawab).

Tapi tunggu dulu.


Kebanyakan (karena bukan tulisan ilmiah, saya tidak bisa sebut berapa dari berapa) pertanyaan ini menurut saya kok malah menunjukkan hal-hal yang tidak saya sepakati. Pertama, manja, malas, atau apapun kata yang tepat untuk menunjukkan perilaku ini. Mereka seakan tidak mau mencari dulu sesuatu yang mereka butuhkan, lebih baik bertanya saja. Mending kalau bertanya sambil mencari, atau mencari sambil bertanya. Atau jangan-jangan dengan bertanya lewat jejaring sosial ini mereka menganggap diri mereka sudah mencari? Buat saya, googling termasuk di dalam kegiatan mencari. Mungkin sebenarnya banyak pertanyaan yang terjawab dengan googling, tapi entahlah, mungkin mereka tak tau cara menggunakannya.

Kedua, mengesampingkan dunia nyata, orang-orang di jalan atau di sekitar mereka. Saya pernah baca tulisan seseorang yang kira-kira dia bilang “hubungan lewat dunia maya (chatting, lewat akun jejaring sosial, dsb.) tak akan menggantikan hubungan tatap muka secara langsung. Untuk lebih jelasnya ini ada puluhan pertanyaan yang saya kutip, lalu saya komentari. Enjoy.

Tau no jasa angkut pindah2 Kos jogja?
Kos mahasiswa kebanyakan di mana, misal di Jalan Kaliurang. Berarti bisa cari di sekitar sana, pasti bisa menemukan mobil yang lagi parkir dengan informasi jasa angkut. Atau mereka pasang iklan di warung-warung sekitar sana, atau bisa tanya orang-orang di sekitar Jalan Kaliurang.

HELP! yg tau dmn bsa dapet buku MANAJEMEN EKUITAS MEREK (David Aaker) Pinjem,Sewa,Beli. BUTUH... thx.
Saya anggap yang bertanya ini mahasiswa cari buku. Buku sudah dicari di perpustakaan? Ada berapa sih perpustakaan di Yogyakarta? Kalikan saja dengan jumlah perguruan tinggi. Belum yang ada di tiap fakultas, perpustakaan daerah, perpustakaan kota. Lalu ada berapa sih mahasiswa di Yogyakarta?

Infonya dong cin tempat cetak poster A3 yg murah
About 401,000 results (0.26 seconds)  Saya lihat tulisan ini muncul setelah saya masukkan “cetak A3 Yogyakarta” dan tulisan  About 101,000 results (0.24 seconds) setelah saya masukkan “cetak poster A3 Yogyakarta” di dalam kotak pencarian. Sulitkah?

Kalo mau beli dress batik yg gak kualitas pasar dan harga lumayan terjangkau dimana ya ??
Orang Jawa bilang “ana rega ana rupa”. Pasti ada kompensasi tertentu untuk barang yang murah. Namun sebelum terlalu jauh.. kualitas pasar itu seperti apa ya? Apakah motif x? Apakah jenis kain x? Apakah jahitan x? Apakah potongan model x? Lalu, harga lumayan terjangkau itu seberapa? Terjangkau untuk siapa? Ah, sudahlah.

 Info penginepan murah di jogja donk.. Yg dbawah 100rb/mlm. Makasih
Silahkan googling. Saya ketik  “penginapan murah Jogja” lalu muncul tulisan About 1,890,000 results (0.28 seconds). Mungkin yang tanya ini tidak menemukan ya, tak apa.

Susah nya nyari nasi uduk pagi-pagi d jogja, minta info nya dong, thanks..
Ketik “nasi uduk Yogyakarta” saya menemukan tulisan About 3,510,000 results (0.27 seconds). Ya mungkin memang aneh sih, cari nasi uduk di google. Ini masuk ke kritik yang kedua, tidak adakah orang Jogja yang bisa ditanyai langsung?

Ada yg tau ga bank mandiri didaerah uny atau ugm? Disebelah mana yak?
Saya menebak, dia tidak tanya orang di jalan sekitar UNY atau UGM. Pasalnya, ada beberapa di sana.

Yang jual batre utk samsung galaxy spica dimana ya tweeps?muter2 jogja ga nemu nih..
Ini salah satu pertanyaan yang memang sulit dikomentari, dia sudah menulis “muter-muter jogja”. Tapi benarkah sudah melakukan itu? Dari sekian jumlah pusat penjualan mobile phone di Yogyakarta sudah berapa yang dia kunjungi?

info'a dongg, ad yg tahu desa babaden di bantul gk? Ancer"nya kl dr babarsari donkk.. Thxx :)
Saya tebak, dia mahasiswa yang kos di sekitar Babarsari. Mungkin kampusnya di sekitar itu juga. Tapi yang aneh, coba masukkan “Desa Babaden Bantul” di kotak pencarian google. Saya hanya menemukan 5 hasil, dan itu semua adalah pertanyaan dari pemilik akun itu sendiri. Lalu saya cari di sini, ternyata nama desa itu tak ada. So?

..(dan saya mulai malas memberi komentar)..

bisa tanya tentang hotel di seputaran malioboro yg budgetnya kira2 100-150an/mlm gitu ga? Makasih ya
Sudah ke seputaran Malioboro belum?

ratu boko itu apa dan di mana?
Sudah googling belum?

Bus executive jurusan Jogja-Malang apa aja ya?Tarif brp.Tq.
Sudah googling? Sudah ke biro transportasi?

tweeps ada yg tau beli masker grosiran yg murah dimana ya? Makasih
Sudah ke toko grosiran? Sudah tanya ke apotek?

toko jual obat herbal arab daerah jogja dimana ya tweeps?
Kok saya menduga ini iklan terselubung ya.

mohon infonya twips..posko bencana lahar dingin dimana ya?
Sudah ke tempat bencana lahar dingin belum? Yakinkah tak ada informasi yang dapat dikorek di sana?

depan santika itu masuk sudirman apa diponegoro ya? pokoke timurnya tugu :D
Google Map. Ah, repot sekali. Datanglah ke jalan itu, lihat nama jalan langsung.

ada yang tahu nggak tempat peminjaman audio ama reflektion (light) untuk syuting film d jogja?
Sudah googling?

ada yang tau harga tiket ekonomi ac tujuan jakarta ? kalo tau mention .. makasi sebelumnya..
Sudah googling?

info dong agen travel jogja-solo..alamat n no.telpnya jg yah,nuwun
Sudah googling?

cari kursus stir mobil d daerah jakal dimana ya??
Saya sedikit yakin, dia belum menyusur jakal.

Ada yg tw ga toko/tempat jual gitar listrik produk USA ato JAPAN plis infonya
Sudah ke toko gitar? Sudah ke studio-studio musik?

Tweeps,tolong info penyewaan alat musik untuk acara yang disekitaran UGM dong. Thanks
Tidak adakah anak UGM yang bisa menjawab pertanyaan seperti ini?

Minta info dokter mata yang didaerah jalan kaliurang km 5 dan skitarnya donk..,trims
Saya yakin, dia tidak tanya orang secara langsung. Ada rumah sakit mata malah.

hotel yg deket2 di SMAN 1 jogja ada gak? Kalo ada nama hotelnya apa ya? Kl bsa yg murah2 ja
Lha sudah mencari ke sana belum? Sudah bertemu orang-orang di sekitar sana?

Info dong, tiket masuk sendratari ramayana yang diprambanan berapaan?
Sudah googling?

Dan ratusan pertanyaan lain yang sungguh tidak sempat untuk saya beri komentar. Mungkin terdengar repot ya untuk orang-orang itu, bertanya ke orang-orang di jalan, cari langsung di lokasi, atau hanya sekadar googling. Sekadar googling. Mereka seakan terburu waktu hanya untuk sekadar melakukan itu. Inikah salah satu sisi realitas dari era informasi? Kalau iya, seturut amanah pemimpin negeri ini, saya prihatin. Karena prihatin saja tak cukup, maka saya menulis. Dan menulis akan tetap saya cukup-cukupkan.

Oh ya, tanya dong twips, enaknya dikasih judul apa ya?

No comments:

Post a Comment

Baca Tulisan Lain