14 May 2018

Lawatan Taiwan: Orang Indonesia di Taiwan


Sepertinya banyak orang Indonesia yang bekerja di Taiwan. Hanya sedikit info yang saya dapatkan mengenai profesi mereka. Dengar-dengar sebagian bekerja di pabrik, cleaning service di kantor-kantor, penjaga lansia, dan sebagainya.

 Di kota Taichung ada tempat namanya Asean Market, di situ adalah tempat nongkrongnya para pekerja dari Indonesia. Saya tidak tahu setiap hari apa mereka kumpul di situ. Kebetulan waktu itu Minggu malam dan banyak sekali orang Indonesia di sana.

Ketika rombongan sedang berjalan melewati dekat tempat itu kami disapa menggunakan bahasa Jawa. Sebagian besar logatnya pakai Jawa Timur, tidak tahu tepatnya di daerah mana.

Saya lihat mereka sangat menikmati masa muda di Taiwan. Sambil berkumpul dalam lingkaran mereka bawa gitar lalu nyanyi bersama-sama. Tak lupa, sambil merokok.

Selain pekerja dari Indonesia, ternyata ada banyak juga pelajar dari Indonesia. Mereka ambil S1 maupun S2 di beberapa universitas yang cukup terkenal di sana.

Kebetulan kami punya kerjasama dengan beberapa universitas di sana, salah satunya adalah Tunghai University di kota Taichung. Universitas satu ini amat sangat membantu kami.

Mereka memesankan bus untuk keperluan mobilitas kami selama di Taiwan. Selain itu mereka juga menugaskan mahasiswa-mahasiswa Indonesia untuk mendampingi kami selama bepergian.

Terus terang, saya sangat terkesan dengan kebaikan mereka. Sebagian dari mereka adalah mahasiswa yang baru semester dua kuliah, tetapi cara berpikir, bertindak, dan melayani sesama orang Indonesia ini sudah sangat profesional. Sungguh saya salut sekali.

No comments:

Post a Comment

Baca Tulisan Lain