15 February 2024

Apakah ada Gelandangan di Australia?

ADA. Ada gelandangan atau homeless di Australia. Setidaknya itu yang saya lihat di Brisbane. Saya yang baru saja tiba di sana bisa lihat ada dua tempat yang dipakai mereka untuk tidur. Pertama ada di suatu tempat dalam perjalanan saya ke kampus naik bus. Saya tidak tahu nama tempatnya. Kedua, di sebuah taman dekat kampus. Mereka tidur beralaskan kain atau apapun, dengan koper di sampingnya. 


Hal yang saya sendiri tak tahu pasti adalah mereka selalu sedang tidur ketika aku mulai beraktivitas sekitar pukul 10. Apakah mereka beraktivitas malam hari sehingga siangnya harus tidur? Atau mereka tidur sampai siang karena sedang lemas lantaran kurang makan? Atau bagaimana?

Ketika saya tanya ke teman yang lebih dulu tinggal di sana, ada kemungkinan mereka 'terusir' dari tempat tinggalnya karena kondisi ekonomi yang memburuk. Inflasi menyebabkan kenaikan harga yang gila-gilaan, terutama pada sektor properti. Konon harga sewa kamar/rumah jadi semakin berat. Orang jadi terusir dari tempat tinggalnya karena tidak mampu bayar sewa kamar.

Barangkali alasan tersebut masuk akal. Tahun 2023 lalu dengar-dengar banyak orang kesulitan untuk cari tempat tinggal karena salah satunya banyak orang tertarik untuk pindah ke Brisbane pasca-Covid. Permintaan untuk kamar jadi meningkat.

Jadi, ya. Ada gelandangan di Australia.

No comments:

Post a Comment

Baca Tulisan Lain