05 August 2014

Semua Orang (Tidak) Perlu Mengerti Semua

Saya pernah tiga bulan kerja di Jakarta. Setelah itu saya balik lagi ke Jogja, rencananya mau belajar lagi. Saya kembali ke Jogja bukan karena Jakarta, tapi karena merasa tidak cocok dengan pekerjaan yang saya jalani. Memang, saya sempat membohongi diri dan mantan atasan dengan bilang ingin jadi wartawan (mungkin itu yang membuat saya diterima kerja jadi wartawan).

Kini banyak yang mengira saya tidak betah di Jakarta, lalu pulang kampung. Jakarta memang tak senyaman Jogja, tapi sebenarnya saya betah-betah saja. Haruskah saya menjelaskan ke semua orang? Rasanya tidak nyaman ketika orang-orang salah menilai diri kita. Namun, memberi penjelasan kepada semua orang juga rasanya tak perlu.

Apakah kadang kita memang perlu membiarkan orang lain salah menilai diri kita?

No comments:

Post a Comment

Baca Tulisan Lain